Nggak Biasa, Sungai Ini Punya Lima Warna Bak Pelangi

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 27 Juni 2020 10:20
Nggak Biasa, Sungai Ini Punya Lima Warna Bak Pelangi
Cano Cristales berada di Taman Nasional Serrania de la Macarena, Colombia.

Di dunia ini ada ribuan bahkan jutaan sungai yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Semuanya memiliki keunikan tersendiri dan berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Ada yang menjadi sungai terpendek di dunia, ada juga yang terpanjang di dunia.

Selain itu, ada juga sungai terindah di dunia dengan bentuknya yang unik dan memanjakan mata. Salah satunya adalah Cano Cristales.

Bukan hanya menampilkan view yang memanjakan mata, keunikannya adalah memiliki lima warna bak pelangi. Seperti sih sungai ini? Yuk kita simak.

1 dari 2 halaman

Cano Cristales

Cano Cristales © Diadona

Sungai ini berada di Taman Nasional Serrania de la Macarena, Colombia. Ya, sungai yang berwarna-warni ini menjadi salah satu sungai terindah di dunia. Sungai sepanjang 100 kilometer dengan lebar 20 meter ini memiliki lima warna.

Warna-warna yang dihasilkan ini ternyata dari spesie tanaman podostemaceae atau Macarenia Clavigera. Dari tanaman inilah tercipta warna sungai dari merah, kuning hijau, hingga oranye.

Didukung dengan kualitas air yang jernih membuat warna yang dihasilkan kian jelas.

2 dari 2 halaman

Cano Cristales © Diadona

Ternyata, warna ini hanya bisa muncul saat musim kemarau saja, yakni dari Juni hingga Nobember. Selain bulan itu, sungai ini hanya akan nampak seperti sungai biasa.

Saat selain kemaru itulah para pengunjung dilarang untuk memasuki wilayah ini. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kejernihan air.

Liquid Rainbow, Cano Cristales © Diadona

Bahkan, pengunjung yang masuk harus didampingi oleh Tour Guide. Setiap harinya, hanya 180 hingga 200 orang saja yang bisa memasukinya.

Bagaimana? tertarik untuk berkunjung ke tempat ini?

Beri Komentar