Nggak Lebih Besar dari Jakarta, Ini lho 7 Negara Terkecil di Dunia

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 21 September 2020 20:38
Nggak Lebih Besar dari Jakarta, Ini lho 7 Negara Terkecil di Dunia
Bahkan ada yang luasnya nggak sampai 1 km persegi, lho!

Sebuah negara biasanya memiliki luas yang sangat besar. Namun, ternyata di dunia ini ada lho negara-negara terkecil. Bahkan luasnya nggak melebihi satu kota.

Kali ini, diadona.id akan membahas deretan negara-negara terkecil di dunia. Mana aja itu? Yuk kita simak!

1 dari 7 halaman

Vatikan

Vatikan © Diadona

Vatikan merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Luasnya hanya sebesar 0,44 km persegi. Nggak lebih besar dari Jakarta, lho.

Meskipun begitu, Vatikan menjadi pusat Gereja Katolik di Wilayah Mediterania. Sumber penghasilan utama negara ini berasal dari sumbangan sukarela anggota-anggota Gareja Katolik Roma di Seluruh Dunia.

2 dari 7 halaman

Monako

Monaco © Diadona

Monako berada di wilayah Mediterania. Negara ini juga termasuk salah satu negara terkecil di dunia. Pasalnya luasanya hanya 2 km persegi saja. Populasi di negara ini mencapai 36 ribu.

Negara ini sejatinya berbatasan langsung dengan Prancis. Meskipun jadi salah satu negara terkecil di dunia, Monako dikenal sebagai rumah dari para miliarder dunia. Negara ini menjadi pusat industri barang-barang mewah dan juga tempat judi internasional. Selain itu, negara ini juga menjadi tempat perhelatan balapan Formula 1.

3 dari 7 halaman

Nauru

Nauru © Diadona

Nauru adalah negara yang terletak di timur Australia. Luas negara ini hanya 21 km persegi. Negara ini punya julukan Pleasant Island. Hal ini karena awal 1980-an negara ini memiliki pendapatan per kapita tertinggi berkat tambah fosfatnya.

4 dari 7 halaman

Tuvalu

Pulau Tuvalu © Diadona

Tuvalu merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Terletak di Samudera Pasifik, tepatnya di Timur Australia, negara ini hanya seluas 26 km persegi. Tuvalu kini menggencarkan sektor pariwisatanya.

5 dari 7 halaman

San Marino

San Marino © Diadona

San Marino merupakan negara yang berbatasan langsung dengan Italia. Luasnya hanya sekitar 61 km persegi. Meskipun begitu, negara ini dihuni oleh sekitar 30 ribu penduduk.

San Marino menjadi negara di Eropa dengan tingkat pengangguran terendah di dunia. Perekonomian negara ini dari Industri dan Pariwisata. Negara ini bahkan tidak punya utang Nasional.

6 dari 7 halaman

Liechtenstein

Liechtenstein © Diadona

Negara ini terletak di pegunungan Alpen. Liechtenstein berbatasan langsung dengan Swiss dan Austria. Luas Liechtenstein hanya sekitar 160 km persegi.

Negara ini menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional yang dipimpin oleh Pangeran.

7 dari 7 halaman

Sealand

Sealand Negara Terkecil di Dunia © Diadona

Sealand terletak sekitar 9,6 klometer dari lepas pantai Suffok, Inggris. Luasnya hanya sekitar 550 meter persegi. Negara ini hanya terdiri daru dua menara beton yang dihubungkan oleh landasan besi.

Negara ini menghasilkan uang dari menjual cenderamata Sealand melalui toko online, http://www.sealandgov.org.

Beri Komentar