Pesona 8 Danau Ubur-Ubur yang Ada di Indonesia, Bikin Liburan Makin Seru

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 20 September 2021 16:00
Pesona 8 Danau Ubur-Ubur yang Ada di Indonesia, Bikin Liburan Makin Seru
Begi pecinta satwa ubur-ubur, wajib banget kunjungi tempat-tempat ini!

Ubur-ubur dikenal sebagai salah satu hewan laut yang unik berbentuk seperti jelly. Meskipun unik, namun hewan ini dikenal cukup berbahaya karena memiliki sengat yang tentu saja bisa melukai permukaan kulit manusia. Jadi, diazens harus berhati-hati ketika hendak menyentuh tubuhnya yang kenyal itu.

Namun, tak semua ubur-ubur menyengat, kok. Ada juga ubur-ubur tanpa sengat yang aman apabila disentuh oleh manusia. Bahkan, ubur-ubur tanpa sengat ini menjadi daya tarik wisata bagi diazen yang penasaran dan belum pernah menyentuh ubur-ubur sama sekali.

Nah, bagi diazens yang penasaran gimana sih rasanya menyentuh ubur-ubur secara langsung, beberapa danau di Indonesia ini bisa kamu kunjungi karena terkenal sebagai habitat para ubur-ubur tanpa sengat. Di mana aja sih? Yuk kita jalan-jalan!

1 dari 8 halaman

1. Danau Kakaban

Danau Kakaban © Diadona

Danau Kakaban merupakan danau yang ada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Danau ini memiliki daya tarik wisata karena menjadi habitat bagi empat spesies ubur-ubur tak beracun.

Di sini, kamu bisa menemukan ubur-ubur kotak, ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, dan juga ubur-ubur terbalik.

2 dari 8 halaman

2. Danau Lenmakana

Danau Lenmakana © Diadona

Danau Lenmakana berada di Pulau Misool, Kepulauan Raja Ampat. Danau ini tak begitu jauh dari Karawapu dan memiliki keindahan alam yang bikin mata terpana.

Di Danau Lenmakana ini juga menjadi habitat bagi banyaknya spesies ubur-ubur tak menyengat.

Namun, untuk bisa menyelam dan menikmati indahnya Danau Lenmakana, kamu harus memerhatikan beberapa aturan. Salah satunya adalah dengan tak menggunakan tabur surya ataupun produk serupa. Hal ini dilakukan supaya ubur-ubur tak terkontaminasi dengan zat kimia dari tabir surya.

3 dari 8 halaman

3. Danau Mariona

Danau Mariona © Diadona

Danau Mariona berada di wilayah Taman Nasional Togean, Sulawesi Tengah. Danau ini juga menjadi habitat ubur-ubur tanpa sengat. Jadi sangat aman untuk para wisatawan yang ingin berenang dengan ditemani ubur-ubur jinak.

Ada banyak spesies Ubur-ubur yang ada di Danau Mariona ini. Mulai dari yang berwarna oranye, putih transparan, kemerahan, dan ungu.

Meskipun ubur-ubur ini tak memiliki sengat, namun, Ubur-ubur yang ada di Danau Mariona ini juga sangat rapuh. Sehingga para wisatawan harus ekstra hati-hati agar tak membahayakan nyawa mereka dengan sentuhan.

Wisata Ubur-ubur di Danau Mariona ini biasanya jadi satu paket Island Hpping Togean.

4 dari 8 halaman

4. Danau Karawapop

Danau Karawapop © Diadona

Danau Karawapop menjadi salah satu danau ubur-ubur yang ada di Misool, salah satu pulau di Raja Ampat. Danau Karawapop menjadi habitat bagi ubur-ubur tanpa sengat.

Untuk bisa ke tempat ini, kamu harus terbang terlebih dahulu ke Sorong, Papua. Setelah itu, menyeberang ke Misool menggunakan kapal ataupun speedboat. Kemudian dilanjutkan dengan trekking yang cukup menguras tenaga.

Namun, rasa lelahmu akan terbayar ketika disambut oleh danau biru dengan ribuan ubur-ubur tanpa sengat yang cantik.

5 dari 8 halaman

5. Danau Pulau Sembilan, Flores

Danau Pulau Sembilan © Diadona

Danau Pulau Sembilan berada di Flores, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di kawasan Taman Nasional Komodo.

Sebenarnya, Pulau ini memiliki nama resmi Mangiatan. Nah, nama Pulau Sembilan ini diambil karena bentuk dari pulau Mangiatan menyerupai angka sembilan jika dilihat dari ketinggian.

Tepat di tengah lingkaran yang membentuk angka sembilan itu, terdapat danau yang dihuni oleh ubur-ubur biru. Ubur-ubur ini memiliki tentakel berwarna biru tua yang tentu saja tak menyengkat bila disentuh.

6 dari 8 halaman

6. Danau Haji Buang

Danau Haji Buang © Diadona

Danau Haji Buang berada di Pulau Maratua, Kalimantan Timur. Danau ini jadi habitat bagi ubur-ubur tanpa sengat yang menjadi salah satu daya tarik wisata di tempat ini. Tak hanya dihuni oleh ubur-ubur tanpa sengat, Danau Danau Haji Buang juga dihuni ikan julung-julung.

Pemandangannya juga sangat cantik sehingga para traveler akan puas ketika tiba di Danau Haji Buang. Tertarik untuk mengunjunginya?

7 dari 8 halaman

7. Danau Lohia

Danau Lohia © Diadona

Danau Lohia berada di Kepulauan Muna, Sulawesi Tenggara. Danau ini menjadi habitat bagi spesies ubur-ubur tak menyengat dengan ukuran yang variatif. Mulai dari yang selebar telapak tangan hingga yang sangat kecil bahkan hanya selebar kuku.

Di sini kamu bisa berenang sembari berfoto bersama ubur-ubur tersebut. Gimana, asyik bukan?

8 dari 8 halaman

8. Danau Paisu Batongan

Danau Paisu Batongan © Diadona

Danau Paisu Batongan ini berada di Desa Mbuang Mbuang, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Danau ini dihuni oleh ubur-ubur tanpa sengat seperti Cassiopeiani dengan warna putih transparan, kuning terang, hingga jingga.

Saat musih hujan, ubur-ubur yang muncul di danau Paisu Batongan bisa mencapai ribuan. Tertarik untuk ke tempat ini?

Beri Komentar