Pesona Pantai Unik Berwarna Pink yang Ada di Nusa Tenggara Barat

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 12 September 2020 20:20
Pesona Pantai Unik Berwarna Pink yang Ada di Nusa Tenggara Barat
Nggak Cuma di luar negeri, Pantai Pink ternyata ada juga di Lombok.

Pantai memang identik memiliki pasir berwarna putih dengan lautan yang biru. Karena itu, sangat unik jika ada pantai yang berwarna merah muda atau pink.

Salah satu pantai yang memiliki warna pink adalah Pantai MacDonnell yang ada di Australia. Ternyata, nggak cuma di luar negeri aja, pesona Pantai berwarna pink juga ada di Indonesia, lho.

Tepatnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Seperti apa keindahan pantai pink ini? Yuk kita simak!

1 dari 3 halaman

Pantai Tangsi

Pantai Pink Lombok © Diadona

Sesuai namanya, Pantai ini memiliki pasir berwarna pink. Ini memang salah satu karakteristik unik di dunia. Hal inilah juga yang kemudian menyedot keinginan wisatawan untuk mengunjungi Pantai Pink Lombok, Ini.

Pantai ini memiliki nama asli pantai Tangsi. Namun karena keunikan pasirnya yang berwarna pink inilah yang membua masyarakat lebih populer menyebutnya Pantai Pink.

Ternyata warna pink ini muncul karena percampuran pasir dengan butiran terumbu karang bertekstur halus. Sementara, di daerah Pantai Tangsi, banyak terumbu karang yang memiliki warna merah, sehingga membuat pasir berwarna pink. Terlebih lagi, warna Pink ini akan makin terlihat ketika basah terkena ombak laut.

Selain pantainya yang unik berwarna pink, keindahan laut birunya juga memanjakan mata. Dihiasi dengan latar belakang hamparan perbukitan yang mengelilingi pantai semakin mempercantik pantai ini.

Lalu, bagaiman untuk bisa menuju ke lokasi?

2 dari 3 halaman

Rute Perjalanan Menuju Pantai Pink

Pantai Pink Lombok © Diadona

Pantai Pink ini berlokasi di Desa Serokah, Kecamatan Jerowari, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini berjarak 82 kilometer dari Pusat Kota Mataram.

Untuk bisa ke lokasi, bisa ditempuh melalui perjalanan laut maupun darat. Rute darat bisa ditempuh melalui perjalanan dari Mataram. Perjalanannya juga nggak terlalu membingungkan.

Dari pusat Kota Mataram, hanya perlu menuju ke arah timur menuju Praya. Perjalanan ini bisa ditempuh melalui jalan Raya By Pass Bandara Internasional Lombok, Jalan Raya Mataram - Labuhan Lombok, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sesampainya di Praya, kamu tinggal melanjuutkan perjalanan menyusuri jalan raya Keruak menuju Lokasi Pantai Pink.

Sedangkan untuk jalur laut, akses menuju Pantai Pink bisa ditempuh dari Pelabuhan Tanjung Luar. Waktu tempuh dari Mataram ke Pelabuhan Tanjung Luar sekitar 1,5 jam. Jarak yang ditempuh kurang lebih 66 km.

Ada dua pilihan transportasi laut dari Pelabuhan Tanjung Luar ke Pantai Pink, yaitu private boat atau public boat. Kalau Private Boat tentu lebih mahal, yakni sekitar Rp 800 ribu sampai Rp 900 ribu. Sedangkan untuk public boat kurang lebih Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu saja per orang.

Tempat ini dibuka mulai 08.00 sampai jam 17.00 sore. Sedangkan untuk tiket masuknya, kamu hanya perlu membayar Rp 10 ribu aja, lho. Kecuali kalau kamu turis asing, akan dikenakan biaya lebih mahal yakni Rp 50 ribu.

Selain menikmati indahnya pantai pink, kamu jiga bisa mengelilingi pulau dengan menyewa kapal nelayan sekitar. Sayangnya, masih belum ada penginapan di sekitar sini. Jadi, alangkah baiknya untuk kembali ke Mataram sore hari.

Beri Komentar