Sebelum Corona Menyerang, Negara Ini Sudah Wajibkan Warganya Pakai Masker Seumur Hidup! Kenapa ya?

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 3 Juli 2020 11:20
Sebelum Corona Menyerang, Negara Ini Sudah Wajibkan Warganya Pakai Masker Seumur Hidup! Kenapa ya?
Penduduk di Pulau Miyakejima sudah memakai masker sejak 15 tahun lalu. Bahkan yang dipakai adalah Masker Gas.

Di tengah pandemi virus Corona COVID-19 ini, masker rupanya sudah menjadi kebiasaan baru yang harus dibawa masyarakat saat keluar rumah. Bahkan, dengan hadirnya beberapa desain masker yang menarik, masker kini juga telah menjadi lifestyle baru di era new normal.

Namun, di sebuah tempat yang ada di Jepang ini, ternyata masker sudah bukan lagi kebiasaan baru. Bahkan, masyarakat di kota ini sudah memakai masker sejak 15 tahun lalu hingga saat ini. Kira-kira kenapa ya? Apakah tempat ini sudah terserang virus sejak zaman dulu?

1 dari 3 halaman

Pulau Miyakejima

Pulau Miyakejima © Diadona

Dilansir dari thevalemagazine, Sebuah pulau bernama Miyakejima merupakan kota yang diklaim paling berbahaya untuk ditinggali. Pulau ini berada dalam kawasan Taman nasional Fuji Hakone Izu. Pulau ini memiliki sebuah gunung berapi aktif yang disebut gunung Oyama.

Gunung Oyama memang sering kali meletus. Dan yang paling parah adalah pada 14 Juli 2000. Pada meletus, gunung ini nggak hanya mengeluarkan material vulkanik saja, namun juga mengeluarkan gas belerang dalam jumlah yang cukup banyak. Hal inilah yang memmbuat sekitar 3.600 penduduk harus dievakuasi dari pulau tersebut.

Namun, dampak dari letusan dahsyat itu membuat Gunung Oyama masih terus melakukan aktivitas vulkanik dan gas beracun yang merembes dari dasar-dasar tanah. Karena inilah Pulau Miyakejima menjadi pulau paling beracun di Jepang.

2 dari 3 halaman

Dampak Letusan Gunung Oyama

Pulau Miyakejima © Diadona

Lima tahun kemudian, tepatnya pada 2005, semua aktivitas gunung Oyama telah berhenti dan situasi kembali stabil. Dengan begitu, warga pulau Miyakejima yang sebelumnya mengungsi sudah diizinkan pulang kembali.

Ilustrasi Masker Gas © Diadona

Namun, karena gas beracun bisa saja mengancam sewaktu-waktu, akhirnya warga harus mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah setempat. Seluruh warga baik orang dewasa maupun anak kecil harus selalu membawa masker gas agar terlindung dari paparan gas beracun.

Lalu, kenapa warga masih bertahan untuk tetap di sana meskipun tempat itu berbahaya? Ternyata, dilansir dari earthtripper.com, pemerintah Jepang akan memberikan hadiah berupa uang bagi warganya yang tetap tinggal di pulau tersebut. Maka dari itu, ribuan penduduk memilih tetap bertahan di Pulau Miyakejima.

3 dari 3 halaman

Jadi Destinasi Wisata

Pulau Miyakejima © Diadona

Meskipun ini menjadi pulau yang paling berbahaya di Jepang, Miyakejima ternyata tetap menjadi destinasi wisata yang cukup menarik. Pemandangan Gunung Oyama yang megah membuatnya menjadi destinasi wisata yang cukup indah.

Selain itu, keunikannya sebagai tempat paling berbahaya di Jepang justru membuat para traveler makin penasaran untuk bisa datang ke tempat ini.

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke tempat ini? Jangan lupa ikuti protokol kesehatan, ya!

Beri Komentar