Sebenarnya Ada Gak Sih Aturan Pasti Soal Mencetak Tiket Pesawat Online?

Reporter : Nasa
Minggu, 6 September 2020 11:35
Sebenarnya Ada Gak Sih Aturan Pasti Soal Mencetak Tiket Pesawat Online?
Yang suka travelling naik pesawat yuk sini ngumpul diskusi

Semenjak pandemi Covid-19 berlangsung, intensitas perjalanan menggunakan pesawat memang menurun drastis sih. Soalnya protokol kesehatan yang berlaku membuat prosedur penerbangan jadi tambah banyak dan lebih ribet.

Tapi untuk penerbangan domestik masih bisa dibilang mending sih dibanding sama penerbangan internasional yang lebih ribet lagi. Makanya belakangan sudah mulai meningkat nih para penumpang pesawat terbang dengan jalur penerbangan domestik.

Nah, tapi kali ini kita bukan mau bahas mendalam soal penerbangan di era pandemi. Kali ini, kita justru akan membahas soal tiket pesawat online. Mungkin sebagian dari kamu lebih suka menunjukkan tiket online saat check in.

Tapi nyatanya, gak sedikit loh yang lebih nyaman untuk mencetak tiket pesawat online dalam bentuk kertas. Alasannya beragam, mulai dari menghindari kelupaan, sampai dengan merasa lebih yakin kalau sudah punya tiket dalam bentuk kertas.

Biasanya mencetak tiket online dalam bentuk kertas lebih suka dilakukan sama penumpang yang lebih tua. Karena mungkin mereka masih terbiasa dengan penggunaan tiket fisik kertas konvensional zaman dulu gitu.

Selain itu, tiket pesawat online biasanya juga lebih sering digunakan sama mereka yang punya keterbatasan gadget atau teknologi. Kan ada tuh, yang baterai gadgetnya mudah habis saat perjalanan, makanya ada yang lebih meminimalisasi penggunaan gaddget gitu.

Bicara soal tiket pesawat online yang dicetak ke kertas, sebenarnya ada aturan khususnya gak sih? Soalnnya pasti adalah timbul kekhawatiran tentang ukuran kertas atau mungkin kertas yang dipakai harus seperti apa.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi di Bandara © Diadona

2 dari 2 halaman

Aturan Mencetak Tiket Pesawat Online

Ada seorang netizen dengan nama Blake Messick asal Amerika Serikat, yang mencetak tiket pesawat onlinenya dengan ukuran yang sangat besar dan tidak biasa. Menariknya, dalam sebuah unggahan video singkat, Messick menyebut kalau sebenarnya tak ada aturan pasti soal mencetak tiket pesawat online.

Buktinya, dia sendiri yang mencetak tiket dengan ukuran kertas sangat besar bisa tetap check in di bandara dengan lancarnya dan tetap bisa masuk ke pesawat. Yahh, tentunya dia sendiri menyita perhatian dari para petugas dan penumpang lainnya.

Dalam video pendeknya, si Messick ini terlihat mencetak tiket online pesawatnya dengan ukuran yang cukup besar, mungkin seukuran dengan kalender berukuran besar. Namun ukuran itu tak sampai mengganggu penumpang lain gitu.

Jadi kalau dilihat dari kasusnya Messick ini bisa dipastikan memang tak ada aturan pasti untuk mencetak tiket pesawat online ya. Yang penting sih data yang dibutuhkan dan juga barcodenya bisa terdeteksi dengan jelas dan mudah.

Jangan cetak tiket pesawat online dengan ukuran terlalu kecil. Tapi kalau mau mencetak tiket pesawat online dengan ukuran besar sih boleh tuh kamu coba. Sekalian eksperimen, apakah bandara di Amerika Serikat dan Indonesia berlakukan aturan yang sama soal mencetak tiket pesawat online ini.

Gimana nih, kamu udah ada pernah punya pengalaman soal mencetak tiket online pesawat? Jangan segan bagikan di kolom komentar ya.

 

Beri Komentar