Selamat Hari Museum Nasional, Yuk Wisata Berfaedah ke Museum-Museum Keren yang Ada di Indonesia

Reporter : Nasa
Senin, 12 Oktober 2020 10:35
Selamat Hari Museum Nasional, Yuk Wisata Berfaedah ke Museum-Museum Keren yang Ada di Indonesia
Kalau wisatanya ke museum, bisa sekalian dapet ilmu

Tahu gak sih kamu? kalau setiap tanggal 12 Oktober adalah menjadi hari peringatan Hari Museum Nasional Indonesia. Penetapan hari Museum Nasional ini sebenarnya miliki latar sejarah yang panjang.

Menurut info dari laman Tagar.id, penetapan hari Museum Nasional ditetapkan berdasar Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang pertama kali digelar pada 12-144 Oktober 1962 di Yogyakarta.

Museum yang pertama kali didirikan di Indonesia adalah Museum Radya Pustaka. Kemudian juga ada museum berusia tua lain seperti Musem Gajah di Jakarta Pusat yang koleksinya paling lengkap se-Indonesia.

1 dari 2 halaman

Indonesia Punya Beragam Jenis Museum

Pariwisatasolo.surakarta.go.id © Diadona

Indonesia sendiri miliki beragam jenis museum yang di dalamnya menyimpan berbagai macam koleksi bernilai sejarah tinggi. Museum di Indonesia biasanya didominasi oleh ragam koleksi artefak hingga benda-benda peninggalan kerajaan zaman dulu.

Namun, Indonesia juga miliki sejumlah museum kontemporer. Yang menampilkan karya-karya seni hasil seniman berbakat di era modern. Seperti halnya Museum Wayang, Persada Soekarno, Museum Tekstil serta Galeri Nasional Indonesia.

2 dari 2 halaman

Beda dengan Hari Museum Internasional

Museum Nasional Indonesia © Diadona

Jika di Indonesia Hari Museum Nasional diperingati setiap 12 Oktober, berbeda halnya dengan peringatan secara internasional. Hari Museum Internasional diperingati setiap tanggal 18 Mei di seluruh dunia.

Ketetapan tanggal tersebut ditentukan oleh International Council of Museum (ICOM) pada 1977. Sejak saat itu, 18 Mei selalu diperingati sebagai Hari Museum Internasional. Tujuannya, tentu adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya pelestarian museum.

Nah buat kamu yang bingung pengen maen ke museum mana dulu, kamu bisa cek di sini 10 Wisata Sejarah Paling Kece di Jakarta Ini Patut Banget Kamu Kunjungi. Sebagai WNI, setidaknya sekali seumur hidup harus pernah maen ke sana lah ya.

Beri Komentar