Sensasi Ekstrem Naik Roller Coaster Tercepat di Dunia, Serasa Mengendarai Mobil Formula 1

Travel | Selasa, 21 September 2021 14:00

Reporter : Bagus Prakoso

Kecepatannya bisa lebih dari 200 km/jam. Serasa balapan F1.

Bagi kamu pecinta wahana ekstrem, pasti udah gak asing lagi dengan Roller Coaster. Wahana yang menghadirkan sensasi meluncur menggunakan kereta atap terbuka dengan kecepatan bak mobil balap membuat jantung para penumpang berdebar dibuatnya.

Nah, kalau kamu memang penggemar wisata ekstrem, udah ngerasain belum, sensasi naik roller coaster tercepat di dunia? Bahkan, roller coaster ini bisa melesat hingga 240 km/jam loh.

Seperti apa rasanya naik roller coaster ini?

Sensasi Ekstrem Naik Roller Coaster Tercepat di Dunia, Serasa Mengendarai Mobil Formula 1
2 dari 6 halaman

Formula Rossa Roller Coaster

Formula Rossa Roller CoasterFormula Rossa Roller Coaster © wikimedia.org/jazon88

Formula Rossa Roller Coaster menjadi bagian dari Ferrari World Theme Park di Abu Dhabi. Roller Coaster ini bahkan diklaim jadi Roller Coaster tercepat di dunia.

Benar saja, mengutip dari Oddity Central, 0-100 km/jam ditempuh hanya dalam waktu 2,0 detik saja. Sementara itu, untuk mencapai kecepatan maksimalnya, 240 km/jam, roller coaster ini hanya butuh waktu 4 detik saja, loh.

3 dari 6 halaman

Dibuat Untuk Merasakan Sensasi Mengendarai F1

Formula Rossa Roller CoasterFormula Rossa Roller Coaster © facebook.com/Dodong Jan Jan

Bentuk dari Roller Coaster Formula Rossa ini memang seperti mobil Formula 1. Memang, Formula Rossa ini dirancang agar penumpang bisa merasakan sensasi mengendarai mobil jet darat tersebut.

Treknya pun juga terinspirasi dari Autodromo Nazionale Monza, menampilkan serangkaian tikungan tajam dan juga menjatuhkan secara mendadak dan mampu menghasilkan gaya 4,8 G.

"Tujuan roller coaster ini adalah untuk menghadirkan sensasi seperti yang dialami pembalap Formula 1," ungkap Claus Frimand, direktur Ferrari World Abu Dhabi.

"Kecepatan luar biasa yang akan kamu tempuh, kamu akan terbang melintasi lanskap. Mulai di lingkungan ber-AC, menembak di luar gedung, berlarian dan kembali ke dalam gedung lagi," tambahnya.

4 dari 6 halaman

Tercepat di Dunia

Dengan kecepatan mencapai 240 km/jam, Roller Coaster ini memang diklaim jadi yang tercepat di dunia. Bayangkan saja, ini bahkan 3 kali lebih cepat daripada Roller Coaster yang ada di Ancol. Melansir dari Liputan 6, Roller Coaster Indoor di Dufan punya kecepatan mencapai 64 km/jam.

Dengan akselerasinya yang bisa menempuh 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,0 detik ini, hampir setara dengan mengendarai supercar Lamborghini. Kecepatan ini didapat berkat sistem peluncuran hidraulik yang serupa dengan ketapel uap di kapal induk.

5 dari 6 halaman

Harus Menggunakan Kacamata Pelindung

Formula Rossa Roller CoasterFormula Rossa Roller Coaster © youtube.com/Motor1

Formula Rossa mampu menampung hingga 16 orang. Semua harus memakai kacamata pelindung. Dengan kecepatan tertinggi mencapai 240 km/jam akan berbahaya apabila ada butiran pasir halus yang mengenai mata.

6 dari 6 halaman

Gelar Tercepat di Dunia akan Segera Berakhir

Roller Coaster terepat di dunia ini secara resmi dibuka pada bulan Oktober 2010 lalu. Roller Coaster ini terus mempertahankan gelarnya sebagai roller coaster tercepat hingga saat ini.

Namun, gelar ini nampaknya akan segera berakhir. Masih melansir dari Oddity Central, Falcon's Flight, Roller Coaster di Six Flags Qiddiya di Arab Saudi, diperkirakan akan melampau kecepatannya ketika akhirnya dibuka pada 2023 nanti.

Tertarik untuk menaikinya?

Join Diadona.id