Serem! Ada Museum Santet di Cirebon yang Bikin Wisatawan Pada Merinding

Travel | Sabtu, 4 Desember 2021 17:20

Reporter : Bagus Prakoso

Masuk wilayah Museum, kamu akan disambut dengan pocong-pocong yang menggantung di dinding.

Museum biasanya memajang benda-benda bersejarah, seperti senjata-senjata yang digunakan oleh tentara saat mengusir Belanda dulu. Ada juga yang memajang benda-benda peninggalan kerajaan.

Namun, apa yang kamu pikirkan ketika mendengar Museum Santet? Mendengarnya saja udah bikin bulu kuduk merinding. Tapi tempat ini beneran ada, loh.

Namanya adalah Museum Santet Talaga Langit. Seperti apa tempat ini?

Serem! Ada Museum Santet di Cirebon yang Bikin Wisatawan Pada Merinding
2 dari 4 halaman

Museum Santet Talaga Langit

Museum Santet CirebonMuseum Santet Cirebon © youtube.com/MANG BENDOEL-90

Selain di Surabaya, ternyata Museum Santet juga ada di Cirebon. Museum Santet Talaga Langit terletak di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Ternyata, Museum ini dibuka oleh Ustaz sekaligus YouTuber kondang, Ujang Bustomi belum lama ini.

Di lokasi tersebut, nuansa horor begitu terasa dengan beberapa properti yang menyeramkan seperti boneka rusak, pohon bambu, hingga pocong.

Meskipun museum santet ini identik dengan hal-hal negatif, namun, Ujang Bustomi mengatakan jika ada pesan dakwah yang disampaikan kepada para pengunjung.

"Lewat museum dukun santet ini saya ingin memberikan pelajaran agar orang-orang senantiasa mengingat sang pencipta, Allah SWT," ungkapnya melansir dari lama YouTube Mang Bendoel-90.

3 dari 4 halaman

Ajak Pengunjung untuk Tak Takut Terhadap Santet

Museum Santet CirebonMuseum Santet Cirebon © youtube.com/MANG BENDOEL-90

Menurut Ujang, ia tak hanya menampilkan suasana horor dan menyeramkan semata di mueseumnya. Justru dengan banyaknya pernak-pernik yang menyeramkan di lokasinya ini, dirinya ingin mengajak para pengunjung untuk tak takut terhadap santet.

Ia menambahkan jika tak ada hal yang bisa melawan kekuatan mutlak dari sang pencipta, termasuk makhluk gaib.

"Di sini ada pesan yang sungguh luar biasa, karena selama ini masyarakat lebih takut ke hal gaib termasuk santet. Padahal itu salah. Dan yang perlu ditakutkan ya hanya kepada Allah SWT," katanya.

4 dari 4 halaman

Suasana Museum Santet Cirebon

Museum Santet CirebonMuseum Santet Cirebon © youtube.com/MANG BENDOEL-90

Memasuki area museum, nuansa sream benar-benar menyelimuti sekitar. Berada di bawah bukit, seakan mengajak pengunjung untuk menyelami dimensi lain.

Di sisi tengah, terdapat pendopo yang dipasangi kelambu berwarna merah. Selain dekorasi pocong-pocong, juga terdapat beberapa boneka yang menggantung.

Ujang mengatakan jika boneka di museum itu merupakan simbol-simbol untuk mencelakakan orang dan tak ada apa-apanya dibanding keimanan manusia.

"Boneka-boneka yang digantung ini adalah simbol untuk mencelakakan orang, kita tidak boleh takut terhadap ini, ini semua tidak ada apa-apanya," terangnya.

Gimana? Tertarik untuk mengunjunginya?

Join Diadona.id