Serem, Danau Natron di Tanzania Ini Bisa Membuat Semua Hewan di Dalamnya Membatu!

Reporter : Nasa
Selasa, 3 November 2020 13:47
Serem, Danau Natron di Tanzania Ini Bisa Membuat Semua Hewan di Dalamnya Membatu!
Apa penyebabnya?

Lazimnya, danau adalah salah satu habitat bagi beragam jenis tumbuhan hewan. Namun berbeda dengan hewan danau yang satu ini. Namanya adalah danau Natron yang lokasinya ada di Region Arusha, Tanzania, Afrika Timur.

Menurut info dari laman Live Science, ada yang unik dari danau yang satu ini. Kabarnya banyak ditemukan hewan-hewan yang mengeras di sekitar danau tersebut. Mulai dari burung hingga angsa, semuanya mengeras seperti batu.

Ternyata, fenomena tersebut diduga karena tingginya kandungan pH yang terdapat di air danau Natron, yang mencapai angka 10,5. Dengan kandungan pH setinggi itu, kulit maupun mata hewan sudah dipastikan akan terasa seperti terbakar seketika.

Lebih lanjut, air di danau tersebut mengandung Natrium Karbonat dan mineral lain yang mengalir dari perbukitan di sekitar danau. Kandungan natrium karbonat ini sejenis dengan mineral yang biasa digunakan orang Mesir Kuno mengeringkan tubuh dalam proses mumifikasi.

1 dari 2 halaman

Diabadikan Fotografer Fenomenal

Danau Natron Tanzania © Diadona

Sementara itu, pada tahun 2003 sila, seorang fotografer bernama Nick Brandt mengabadikan hewan-hewan di sekitar danau Natron dan menjadi fenomenal. " Saya secara tidak sengaja menemukan segala macam makhluk dari burung hingga kelelawar membatu di sepanjang pesisir danau," terang Brandt dalam bukunya.

Brandt sendiri menuangkan potret karyanya yang terkait dengan danau Natrron di bukunya yang bertajuk Across the Revaged Land. Buku tersebut diketahui sudah terbit pada 2003 silam.

2 dari 2 halaman

Bisa Menghilangkan Lensa Film dalam Hitungan Detik

Danau Natron Tanzania © Diadona

Lebih lanjut diungkapkannya, misteri hewan-hewan yang membatu di danau Natron memang sudah terpecahkan. Namun momen-momen luar biasa yang terjadi di danau tersebut memang menakjubkan.

" Tidak ada yang tahu pasti penyebab mereka mati, tapi airnya sangat tinggi garam, saking tingginya bisa menghilangkan tinta film kodak saya dalam beberapa detik," lanjut Brandt.

Menariknya, danau Natron sendiri juga merupakann lokasi yang nyaman untuk berkembang biak bagi jutaan burung Lesser Flamingo. Biasanya burung Flamingo menggunakan pulau-pulau kecil di danau Natron saat musim kemarau.

Danau Natron sendiri diketahui memiiki luas 460 kilometer persegi dan memiliki kedalam hingga 3 meter. Pada musim-musim tertentu, danau ini juga terlihat berubah menjadi warna pink yang sangat indah.

Ironisnya, danau ini memang menjadi tempat sangat berbahaya bagi hewan-hewan disekitarnya. Sementara itu, danau Natron ini juga masuk ke dalam daftar tempat terunik di dunia versi World Wildlife Fund loh.

Beri Komentar