Sirkuit Mandalika, Tuan Rumah Gelaran Balap Dunia yang Ada di Indonesia

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 19 April 2021 15:58
Sirkuit Mandalika, Tuan Rumah Gelaran Balap Dunia yang Ada di Indonesia
Sirkuit Mandalika digadang-gadang akan jadi tuan rumah seri MotoGP dan World Superbike.

Bagi kamu pecinta otomotif, pasti udah gak asing lagi dengan Sirkuit baru di Indonesia yang bernama Mandalika Sirkuit. Sirkuit berkelas dunia yang berada di Nusa Tenggara Barat ini tak hanya menjadi perbincangan dalam negeri, bahkan menjadi berita mancanegara pula.

Pasalnya, Sirkuit Mandalika digadang-gadang menjadi tuan rumah MotoGP dan juga World Superbike. Seperti apa sih keindahan Sirkuit Mandalika ini? Yuk kita intip!

1 dari 4 halaman

Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika © Diadona

Sirkuit Mandalika berada di kawasan Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Dibangun di atas tanah, seluas 160 hektar, sirkuit Mandalika ini mulai dibangun pada tahun 2018 silam.

Sebelum diresmikan jadi sirkuit untuk MotoGP 2021, Mandalika ternyata sudah menjadi kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang diharapkan bakal jadi perhatian turis dalam memilih tempat liburan.

Menjadi sirkuit berkelas dunia, Mandalika sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti 7 spot wisata alam dan juga berbagai tempat menginap.

2 dari 4 halaman

Sirkuit Mandalika MotoGP

Sirkuit Mandalika © Diadona

Sebelumnya, Sirkuit Mandalika ini memang digadang-gadang jadi tempat digelarnya kompetisi balap motor bergengsi dunia MotoGP. Dibangun pada 2018, proyek ini diharapkan bisa selesai pada 2021 sehingga menjadi tempat digelarnya GP Indonesia.

Sayangnya, karena sirkuit ini dirasa belum selesai 100%, pihak Federasi Balap Motor Dunia (FIM) memutuskan untuk menunda dahulu GP Indonesia di 2021 ini. Sirkuit Mandalika sebelumnya akan menjadi sirkuit cadangan untuk MotoGP tahun ini. Dengan demikian, Sirkuit Mandalika akan jadi pengganti bila ada gelaran seri lain yang dibatalkan.

Namun, pihak Dorna Sport selaku promotor MotoGP memastikan jika balapan di trek sepanjang 4,32 kilometer ini resmi dibatalkan untuk tahun ini dan bakal digeser pada paruh pertama tahun 2022 nanti karena pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda.

Jadi bisa dipastikan jika wisatawan tak akan bisa melihat langsung aksi Valentino Rossi dan lain-lain menggeber motor mereka di Indonesia tahun ini.

3 dari 4 halaman

Sirkuit Mandalika Bakal Jadi Tuan Rumah World Superbike

Sirkuit Mandalika © Diadona

Meskipun Sirkuit Mandalika Resmi dicoret dari seri balap MotoGP 2021, namun, masih ada peluang Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah gelaran balap World Superbike (WSBK) 2021.

Pasalnya, melansir dari Indonsport, dari rilis di situs resmi WSBK, Sirkuit Mandalika dan Indonesia masih tercantum sebagai tuan rumah seri ke-12 yang akan digelar pada 12-14 November.

Meskipun demikian, dalam kalender tersebut tercantum keterangan jika jadi atau tidaknya Sirkuit Mandalika Lombok menggelar balapan akan tergantung pada proses Homologasi atau proses standar persetujuan atau sertifikasi dalam dunia balap.

Jadi, jika World Superbike bisa digelar tahun ini, para wisatawan bisa menikmati deru mesin motor 1000cc melaju di Sirkuit Mandalika.

4 dari 4 halaman

Fasilitas Sirkuit Mandalika Indonesia

Sirkuit Mandalika © Diadona

Desain Sirkuit Mandalika Lombok ini disetujui oleh Petugas Keselamatan FIM Franco Uncini dengan beberapa penyesuaian untuk sektor pariwisata. Jika tak digunakan untuk balapan, nantinya Sirkuit hanya akan digunakan untuk aksesibilitas menuju resort yang ada di sekitar Sirkuit Mandalika.

Sebagian besar infrastruktur yang digunakan untuk sirkuit bisa dilepas, untuk memungkinkannya kembali jadi jaringan jalan raya untuk resor.

Gedung pit nantinya akan berfungsi ganda sebagai pusat konferensi dan pameran yang bisa digunakan untuk acara di luar perlombaan.

Fasilitas sementara yang ada di sini mencakup beberapa tribun yang totalnya bisa menampung sekitar 50 ribu orang dan bisa berkembang hingga 2 kali lipatnya nantin.

Selain sirkuit, Vinci Construction Grand Projects Prancis berencana membangun fasilitas penunjang antara lain pusat perbelanjaan hingga rumah sakit. Ada juga gedung apartemen di atas lahan 131 hektar di kawasan ekonomi khusus.

Untuk tempat menginap jangan khawatir, sebelas hotel dengan 1.900 kamar, reancananya bakal dibangun untuk mengakomodasi jumlah turis yang datang.

Bagaimana tertarik untuk ke sana?

      View this post on Instagram      

A post shared by Mandalika Circuit | INDONESIA (@motogpmandalika)

Beri Komentar