Telinga Sakit Saat Pesawat Take Off, Beneran Bisa Diantisipasi dengan Makan Permen Karet?

Reporter : Nasa
Senin, 9 November 2020 08:03
Telinga Sakit Saat Pesawat Take Off, Beneran Bisa Diantisipasi dengan Makan Permen Karet?
Ternyata gini tipsnya yang benar menurut pakar

Salah satu hal yang paling tidak diinginkan saat naik pesawat adalah rasa sakit di telinga, saat pesawat mulai 'take off'. Hal itu memang lazim dialami oleh penumpang pesawat. Bahkan mungkin ada beberapa penumpang juga yang bisa mengalami rasa sakit yang luar biasa.

Makanya gak heran kalau banyak penumpang yang mencari solusi, agar rasa sakit pada bagian telinga tak dialami saat jadi penumpang pesawat. Ada yang bilang sih makan permen karet dan bersiul saat take off bisa bikin telinga gak sakit. Tapi emang bener ya?

1 dari 2 halaman

Makan Permen Karet Malah Bikin Tambah Parah

ilustrasi penumpang pesawat © Diadona

Menurut laman Express.co.uk, terungkap fakta bahwa makan permen karet saat pesawat take off ternyata bukanlah solusi. Seorang dokter perjalanan bernama Dr. Henderson menyebut bahwa makan permen karet saat pesawat take off justru membuat penumpang menambahkan banyak udara ke telinga.

Dijelaskannya, rasa sakit yang timbul saat pesawat 'take off' disebabkan oleh tabung di dalam gendang telinga yang tengah bradaptasi dengan perubahan atmosfer. Karena saat pesawat mulai take off, tekanan di dalam dan di luar telinga berbeda.

2 dari 2 halaman

Jangan Tertidur dan Cubit Hidung

Ilustrasi Penumpang Pesawat © Diadona

Nah, lebih lanjut Dr. Henderson juga memberikan tips bagi para penumpang pesawat agar tak merasakan sakit saat pesawat take off. Tips pertama adalah jangan tertidur saat pesawat take off. Alasannya, agar kamu bisa kendalikan keluar masuknya udara ke telinga.

Kemudian tips kedua, setelah pesawat mengudara, kamu bisa sesuaikan tekanan udara di telinga kamu dengan cara mencubit hidung dan menutup mulut. Lalu kamu bisa menekan udara lewat telinga, dengan begitu tekanan udara di telinga dan di luar bisa sama.

Jadi mulai sekarang ingat ya, kalau naik pesawat jangan makan permen karet dan jangan tertidur. Jangan lupa sesuaikan tekanan udara di telinga dengan tips di atas. Selamat mencoba guys!

Beri Komentar