Ternyata Selain di NTT, Komodo Juga Ada di Jakarta loh!

Reporter : Nasa
Selasa, 3 November 2020 08:18
Ternyata Selain di NTT, Komodo Juga Ada di Jakarta loh!
Seperti apa nih potretnya?

Belakangan ini, komodo menjadi sorotan berbagai media baik nasional maupun internasional. Pasalnya, habitat salah satu hewan purba yang masih bertahan ini disebut terancam karena sebuah proyek pembangunan wisata komersil.

Tak sedikit yang menyebut bahwa pembangunan proyek tersebut terlalu ambisius dan mengancam kehidupan komodo. Menurut info dari berbagai sumber, hewan komodo sebenarnya hampir tidak pernah meninggalkan habitatnya.

Keberadaan wisata komersil skala besar dikhawatirkan bisa mengganggu ketenangan mereka, yang sebenarnya jumlahnya pun tak terlalu banyak. Nah, terlepas dari kabar tersebut, buat kamu yang pengen lihat hewan komodo tapi cuma punya budget pas-pasan, jangan sedih dulu ya.

Soalnya ternyata di Jakarta ada loh komodo. Jadi kamu gak perlu bertandang langsung ke Nusa Tenggara Timur untuk melihat komodo. Tempatnya ada di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

1 dari 2 halaman

Masyarakat Jakarta Bisa Tengok Komodo Secara Langsung

Komodo di Taman Margasatwa Ragunan © Diadona

Menurut info dari laman resmi Taman Margasatwa Ragunan, lokasi kandang komodo berada tepat di sebelah kandang gajah. Atau tak jauh dari pintu barat Taman Margasatwa Ragunan. Kamu pun hanya perlu merogoh kocek puluhan ribu untuk mengakses TM Ragunan ini.

Di sana kamu bisa menyaksikan hewan yang disebut sebagai dinosaurus terakhir di muka bumi ini. Fakta dari hewan komodo ini adalah sudah menjadi hewan yang dilindungi sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1915.

2 dari 2 halaman

Komodo Kalah Populer dari Hewan Lain

Ilustrasi Komodo © Diadona

Sementara itu, menurut info dari laman Liputan6 (31/10/2020), sebenarnya komodo kalah populer jauh dibanding hewan lain di TM Ragunan. Tak seperti gajah atau hewan lain, komodo cenderung kurang atraktif.

" Komodo itu kan jenis reptil yang tak banyak gerak, sehingga kurang populer dibanding binatang lain, seperti gajah atau harimau," ucap Kepala Humas Kebun Binatang Ragunan, Wahyudi Bambang.

Nah gimana nih, kamu tertarik untuk melihat wujud asli komodo TM Ragunan Jakarta?

Beri Komentar