Unik, Negara Ini Punya Tradisi Memandikan dan Menghias Hewan Kurban Sebelum Disembelih

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 29 Juli 2020 19:20
Unik, Negara Ini Punya Tradisi Memandikan dan Menghias Hewan Kurban Sebelum Disembelih
Di Pakistan, hewan kurban akan dimandikan dan dihias terlebih dahulu sebelum disembelih.

Perayaan Idul Adha memang identik dengan hewan kurban seperti sapi dan kambing. Bahkan, di Arab identik dengan unta yang dikurbankan.

Seluruh umat muslim akan melaksanakan Sholat Ied berjamaah dan dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban dan membagikan daging hewan kurban kepada orang kurang mampu.

Namun, beda negara, beda juga tradisi yang dilakukan saat sholat Idul Adha. Salah satu yang unik adalah yang dilakukan warga Pakistan dalam menyambut Idul Adha. Ya, mereka memandikan dan menghias hewan kurban mereka sebelum disembelih. Seperti apa tradisi ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Tradisi Idul Adha di Pakistan © Diadona

Melansir dari Have Halal Will Travel, perayaan Idul Adha di Pakistan memang lebih meriah. Kalau biasanya perayaan Idul Adha hanya dilakukan satu hari, berbeda dengan Pakistan. Mereka melakukan perayaan Idul Adha hingga 4 hari. Bahkan pemerintah setempat membuat 4 hari libur nasional untuk perayaan Idul Adha. Hal ini karena untuk mendukung terlaksananya puasa Arafah sebelum Idul Adha.

Tradisi Idul Adha di Pakistan © Diadona

Tradisi unik yang mereka lakukan adalah dengan memandikan dan mendandani hewan kurban sebelum disembelih. Dengan memandikan hewan kurban, mereka mempercayai akan membuat hewan kurban lebih sehat dan tidak stres sebelum disembelih.

Selain itu, hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Ibrahim AS.

2 dari 2 halaman

Tradisi Idul Adha di Pakistan © Diadona

Saking meriahnya tradisi Idul Adha di Pakistan, mereka juga punya tradisi lain saat melaksanakan Idul Adha. Sebelum ke masjid, para wanita akan menghiasi tangan mereka dengan pacar henna dan mengenakan jilbab berwarna-warni. Untuk pria mengenakan salwar kameez tradisional dan memakai minyak parfum alami.

Meriah banget, ya tradisi Idul Adha di Pakistan ini.

Beri Komentar