Unik, Suku Ini Punya Tradisi Menyusui Bayi Rusa!

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 19 November 2020 17:20
Unik, Suku Ini Punya Tradisi Menyusui Bayi Rusa!
Suku Bishnoi memiliki tradisi menyusui bayi rusa yang dianggap hewan suci.

Setiap negara memang memiliki berbagai budaya dan tradisi yang berbeda-beda. Salah satu negara yang juga punya keberagaman budaya adalah India.

Punya beragam tradisi unik, ternyata India juga punya salah satu tradisi yang hanya dilakukan oleh suku bernama Bishnoi. Ya, wanita suku Bishnoi memiliki tradisi menyusui bayi rusa. Seperti apa tradisi ini?

1 dari 2 halaman

Suku Bishnoi

Suku Bishnoi merupakan suku kuno di India yang sudah ada sejak abad ke-15. Suku Bishnoi sendiri adalah masyarakat penganut agama Hindu. Dalam ajaran mereka, adalah keharusan untuk mencintai lingkungan dan makhluk hidup seperti binatang.

Mereka bahkan enggan sekalipun menebang pohon yang tumbuh di hutan sekitar pemukiman. Mereka malah terus menanam pohon karena pohon adalah bagian yang sangat penting bagi kehidupan.

Selain tumbuhan, Suku Bishnoi sangat mencintai binatang liar. Mereka kerap memberi makanan binatang yang mereka temui di jalan. Bahkan mereka tak segan untuk menolong binatang liar yang sedang terluka.

2 dari 2 halaman

Rusa Adalah Hewan Suci Suku Bishnoi

Suku Bishnoi © Diadona

Melansir dari berbagai macam sumber, Rusa memang menjadi binatang kesayangan masyarakat suku Bishnoi. Mereka menganggap rusa adalah hewan suci yang memang harus dilindungi.

Karena dianggap suci wanita suku Bishnoi rela menyusui bayi-bayi rusa liar seperti anaknya sendiri. Ternyata, masyarakat suku Bishnoi sangat percaya jika perempuan suku Bishnoi memiliki kewajiban untuk membesarkan bayi-bayi rusa tersebut.

Ketika para wisatawan sedang berkunjung ke wilayah suku Bishnoi, pemandangan ibu yang sedang menyusui rusa adalah hal yang sangat lumrah. Uniknya, setelah ditelusuri, anak-anak kecil yang tumbuh bersama rusa menjadi akrab. Mereka bahkan mengaku bisa berkomunikasi dengan rusa tersebut.

Suku Bishnoi ini adalah suku yang benar-benar dibanggakan India. Memiliki kecintaan kepada alam dan masih menjaga tradisi, suku Bishnoi mendapat julukan sebagai suku penjaga alam.

Beri Komentar