Uniknya Sisemba, Tradisi Adu Kaki Sambut Musim Panen di Toraja!

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 28 Januari 2021 18:20
Uniknya Sisemba, Tradisi Adu Kaki Sambut Musim Panen di Toraja!
Tradisi ini dilakukan dengan saling adu kaki antar warga.

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki suku dan budaya yang beranekaragam. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki banyak tradisi yang tentu berbeda antara satu daerah dengan daerah lain.

Adapun tradisi-tradisi unik yang dimiliki oleh Indonesia. Salah satunya adalah Sisemba. Tradisi ini merupakan tradisi adu kaki masyarakat Toraja. Seperti apa tradisi ini?

1 dari 2 halaman

Sisemba

Tradisi Sisemba © Diadona

Sisemba merupakan adu tendang antar warga. Meskipun terlihat seperti tawuran, namun tradisi ini ternyata adalah tradisi menyambut musim panen yang ada di Toraja, Sulawesi Selatan.

Tradisi ini digelar oleh warga Kande Api. Mereka menggelar pesta panen dengan membawa berbagai macam makanan khas seperti nasi bambu atau peong.

Tradisi ini diiringi dengan tari Ma'gallu, serta ma'lambuk. Yakni menumbuk padi secara beramai-ramai. Para tetua adat akan memberi wejangan yang berisi pesan leluhur tentang aturan bertani.

2 dari 2 halaman

Tradisi Sisemba © Diadona

Sementara warga lainnya yakni anak yang berusia 10-15 tahun, melakukan adu kaki ini. Warga dari kampung tetangga akan saling berhadapan untuk melumpuhkan satu sama lain dengan cara beradu kaki secara massal. Peserta yang jatuh tak boleh diserang oleh orang lain.

Nah, agar tak mudah jatuh, biasanya peserta akan menyerang sambil bergandegan tangan bersama peserta lainnya.

Karena benturan-benturan yang keras, gak heran jika banyak warga yang mengalami cedera. Namun, uniknya, tak ada dendam antar warga setelah tradisi ini usai. Mereka bahkan tetap akrab setelah tradisi berakhir.

Tradisi Sisemba ini bukan hanya permainan adu kaki atau hiburan semata, namun juga diyakini untuk mengantisipasi gagal panen, serta bisa meningkatkan hasil panen di tahun berikutnya.

Bagaimana menurutmu? Tertarik untuk ikut menjajal tradisi unik khas Indonesia ini?

      View this post on Instagram      

A post shared by Allako Pasanggang (@abun_pasanggang)