Urfa, Sebuah Kota di Turki yang Disebut Jadi Kota Kelahiran dan Lokasi Pembakaran Nabi Ibrahim

Reporter : Nasa
Jumat, 17 Juli 2020 17:35
Urfa, Sebuah Kota di Turki yang Disebut Jadi Kota Kelahiran dan Lokasi Pembakaran Nabi Ibrahim
Kota ini juga miliki peninggalan Mesopotamia berupa kuil, artefak, hingga makam Nabi Ibrahim AS.

Hari raya Idul Adha menjadi salah satu momen besar yang ditunggu-tunggu bagi umat Islam. Meski tahun 2020 ini akan dirayakan dengan nuansa berbeda mengingat masyarakat dunia masih menghadapi pandemi COVID-19.

Akibatnya, pelaksanaan ibadah haji yang biasanya dilakukan pada momen bulan dzulhijah sebelum Idul Adha juga jadi terhambat. Tahun ini pun jemaah asal Indonesia terpaksa harus menunda keberangkatannya.

Nah, tapi kali ini kita tidak mengulas itu, kita mau membahas soal sebuah kota di Turki yang disebut-sebut menjadi cikal bakal perayaan hari raya Idul Adha bagi umat muslim.

Seperti yang kita tahu, perayaan Idul Adha dilatar belakangi oleh peristiwa besar yang menimpa Nabi Ibrahim AS yang akhirnya menunjukkan kuasa Allah SWT. Nabi Ibrahim dikisahkan dimasukkan ke dalam api oleh seorang Raja Zalim.

Sebelumnya, Nabi Ibrahim ketahuan menghancurkan berhala yang disembah oleh masyarat di sekitarnya. Sehingga Nabi Ibrahim dianggap pantas mendapat hukuman tersebut. Namun kuasa Allah SWT menyelamatkan Nabi Ibrahim.

Hingga tubuh Nabi Ibrahim AS diganti dengan tubuh seekor kambing. Peristiwa itu yang akhirnya menjadi latar belakang peringatan Idul Adha. Tapi tahukah kamu, kalau peristiwa yang menimpa Nabi Ibrahim AS itu diyakini terjadi di sebuah kota di Turki.

1 dari 3 halaman

Urfa Turki © Diadona

2 dari 3 halaman

Kota Urfa atau Sanliurfa

Adalah kota Urfa, sebuah kota yang jaraknya sekitar 12 km dari ibu kota Turki, yakni Ankara. Urfa atau Sanliurfa diyakini sebagai kota kelahiran dan lokasi pembakaran Nabi Ibrahim AS yang gagal.

Penduduk setempat meyakini, kalau lokasi pemabakaran Nabi Ibrahim AS tepat berada di sebuah situs di Urfa. Lokasi pembakaran Nabi Ibrahim disebut tepat berada di sebuah kolam besar di situs itu.

Kabarnya penduduk setempat percaya jika abu bekas upaya pemabakaran Nabi Ibrahim disebut berubah menjadi air di kolam itu. Makanya penduduk setempat meyakini tak boleh memakan ikan yang ada di kolam itu.

Urfa Turki © Diadona

3 dari 3 halaman

Terdapat Dua Masjid

Kemudian, setidaknya sekitar 100 meter dari lokasi kolam tersebut, berdiri dua masjid yang konon merupakan tempat kelahiran Nabi Ibrahim AS. Dua masjid itu adalah masjid Maulid Halil yang berdiri pada 1808 M.

Lalu ada masjid Maulid Halil Baru yang didirikan pada tahun 1980. Namun ada juga yang menyebut, kalau lokasi sebenarnya kelahiran Nabi Ibrahim adalah di bukit yang tak jauh dari situs tersebut.

Urfa Turki © Diadona

Jika kamu tertarik mengunjungi situs tersebut kamu harus membeli tiket seharga 3 lira Turki. Kalau kamu ke Turki harus mampir ke sini ya. Soalnya lokasinya indah banget.

Beri Komentar