Viral SMK Negeri 4 Kota Malang Jadi Hotel dan Pasang Brand Jaringan Penginapan Ternama

Reporter : Nasa
Jumat, 17 Juli 2020 14:25
Viral SMK Negeri 4 Kota Malang Jadi Hotel dan Pasang Brand Jaringan Penginapan Ternama
Potret sekolah itu jadi viral di media sosial. Gedung sekolah beralih jadi hotel karena pandemi?

SMK Negeri 4 Malang belakangan menyita perhatian pengguna jagat maya. Pasalnya, gedung sekolah yang satu ini memajang brand jaringan penginapan ternama (RedDoorz) pada bagian depan pagarnya.

Banyak yang mengira kalau potret sekolah itu yang memasang brand RedDoorz adalah hoax. Namun ada juga yang menghubungkan pengalihan fungsi gedung sekolah itu berkaitan dengan pandemi COVID-19.

Mengingat gedung sekolah Negeri selama ini diketahui tak digunakan siswa untuk kegiatan belajar mengajar selama berbulan-bulan. Sejak pandemi Covid-19 merebak di hampir seluruh wilayah Indonesia.

1 dari 2 halaman

Pihak SMKN 4 Malang Bantah Sekolah Jadi Hotel karena Pandemi

Menurut info dari laman Suara.com, ternyata pihak sekolah membantah kalau pengalih fungsian gedung sekolah menjadi hotel disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Nyatanya, SMKN 4 Malang sudah membuka hotel itu sejak tahun lalu. Jauh sebelum virus Corona COVID-19 merebak. Sedang hotel yang dibuka di SMKN 4 Malang sendiri ternyata adalah sarana penunjang bagi siswa jurusan perhotelan.

Wakil Kepala Bidang Humas Sekolah SMKN 4 Malang, EKo Wahyudi, menyebut bahwa hotel yang didirikan di SMKN 4 Malang memang menggandeng pihak swasta yakni, RedDoorz.

Sekolah tersebut sempat beberapa kali menjalin kerja sama dengan sejumlah jaringan penginapan swasta lain seperti Airy Syariah. Tapi karena Airy kolaps, kini SMKN 4 Malang bekerjasama dengan RedDoorz dengan sistem sharing profit.

" Fungsinya memang untuk laboratorium praktik jurusan perhotelan. Faktanya memang tidak ada hubungannya dengan pandemi karena kita sudah punya hotel tahun lalu," terangnya seperti dikutip dari Suara.com (17/7/2020).

2 dari 2 halaman

Fasilitas Kamar Hotel Bersaing

SMKN 4 Malang Jadi Hotel © Diadona

Sempat juga disampaikan, bahwa sejarah pendirian hotel di SMKN 4 Malang adalah karena ada kelas kosong yang tak terisi. Kabarnya dulu, SMKN 4 Malang bisa menerima 1.200 peserta. Namun karena ada pembatasan, penerimaan siswa jadi dikurangi.

Akibatnya, ada sejumlah ruang kelas yang tak terpakai. Nah, ruangan tersebut lah yang diubah menjadi kamar hotel. SMKN 4 Malang disebut juga sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Sehingga memiliki kewenangan untuk membuka usaha dan menyampaikan laporannya ke BPKAD Provinsi Jawa Timur. Sejauh ini SMKN 4 Malang memiliki total 28 kamar. Fasilitasnya pun sangat lengkap.

Jadi terdapat 26 kamar yang memiliki kamar mandi dalam, lalu ada 2 kamar yang kamar mandinya di luar. Semuanya difasilitasi AC, TV, spring bed dan fasilitas penunjang lainnya. Gak kalah lah pokoknya sama hotel berbintang.

Nah buat kamu yang mau ke Malang boleh juga tuh nyobain hotel di SMKN 4 Malang.

Beri Komentar