Wisata Candi Borobudur, Harga Tiket, Fasilitas, dan Ketentuan Terbaru

Reporter : Nasa
Kamis, 2 September 2021 10:36
Wisata Candi Borobudur, Harga Tiket, Fasilitas, dan Ketentuan Terbaru
Yuk simak info terbarunya..

Wisata Candi Borobudur merupakan salah satu situs peninggalan umat Budha terbesar di dunia. Candi yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra ini masih menyuguhkan pesona keindahannya mesko telah dibangun sejak ribuan tahun yang lalu.

Salah satu fakta unik tentang Gunung Merapi adalah pembangunannya diselesaikan sekitar 780-840 Masehi. Namun keberadaannya sempat menghilang karena tertimbun lava dan material lain yang diakibatkan oleh letusan Gunung Merapi.

1 dari 5 halaman

Wisata Candi Borobudur © Diadona

Menurut info yang dihimpun dari berbagai sumber, Candi Borobudur kemudian kembali ditemukan. Tepatnya oleh pasukang Inggris, di bawah kepemimpinan Sir Thomas Standfor Raffles. Sejak saat itu, Candi Borobudur akhirnya dipugar.

Kemudian proses pembersihan secara menyeluruh dilakukan pada tahun 1835. Hingga saat ini, Wisata Candi Borobudur tak hanya menjadi wisata favorit tak hanya bagi umat Budha di seluruh dunia namun juga wisatawan pada umumnya.

Candi Borobudur dirancang sedemikian rupa dan terdiri dari ratusan relief yang sangat menarik. Setiap desain relief yang digunakan pada Wisata Candi Borobudur memiliki makna dan arti tersendiri sesuai dengan kepercayaan umat Budha.

2 dari 5 halaman

Wisata Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur © Diadona

Ratusan relief yang terdapat pada Candi Borobudur memiliki makna tersendiri yang diyakini oleh umat Budha. Secara keseluruhan, Wisata Candi Borobudur memiliki tiga zona berbeda yang masing-masing melambangkan fase kehidupan manusia.

Relief wisata Vandi Borobudur sendiri terdiri dari 504 unit dengan sikap meditasi. Kemudian terdapat enam relief dengan posisi tangan berbeda. Kemudian setidaknya terdapat tiga zona di wisata Candi Borobudur yang masing-masing melambangkan fase kehidupan manusia.

3 dari 5 halaman

Wisata Candi Borobudur © Diadona

Zona Pertama Kamadhatu, merupakan alam dunia yang terlihat dan sedang dialami oleh manusia sekarang. Kamadhatu terdiri dari 160 relief yang menjelaskan Karmawibhangga Sutra, yaitu hukum sebab akibat yang menggambarkan sifat dan nafsu manusia.

Zona Kedua Rupadhatu, yaitu alam peralihan, yakni masa manusia yang telah dibebaskan dari urusan dunia. Rapadhatu terdiri dari galeri ukiran relief batu dan patung Buddha. Pada zona ini, terdapat 328 patung Buddha yang memiliki hiasan relief pada ukirannya.

Zona Ketiga Arupadhatu, yaitu alam tertinggi, rumah Tuhan. Dalam zona ini terdapat tiga serambi berbentuk lingkaran yang mengarah ke kubah di bagian pusat atau stupa yang menggambarkan kebangkitan dari dunia. Pada zona tersebut tidak ada ornamen atau hiasan yang melambangkan kemurnian tertinggi.

4 dari 5 halaman

Wisata Candi Borobudur © Diadona

Pandemi Covid-19 membuat aturan dan ketentuan yang berlaku di Candi Borobudur jadi berubah. Para wisatawan atau pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang ditentukan. Kunjungan hanya diberlakukan pada zona 2 (area taman wisata Candi Borobudur.

Selain itu, pihak pengelola juga membatasi kunjungan yang hanya berkisar 4000 prang per harinya.

Jam Operasional : 08.00 - 15.00 WIB (Semasa Pandemi)

Harga Tiket Wisata Candi Borobudur :

  • Rp 50.000 (Dewasa)
  • Rp 25.000 (Anak)

5 dari 5 halaman

Wisata Sekitar Borobudur

Wisata Borobudur - Wisata Sekitar Borobudur © Diadona

Lebih lanjut, buat kamu yang berencana untuk mengunjungi wisata Candi Borobudur, bisa banget nih coba nerkunjung ke deretan wisata sekitar Borobudur yang juga bisa kamu eksplore keseruannya usai menikmati keindahan Candi Borobudur. Ini dia deretan rekomendasinya.

1. Punthuk Setumbu
2. Bukit Rhema Gereja Ayam
3. Candi Pawon
4. Candi Mendut
5. Pinusan Kragilan
6. Kyai Langgeng
7. Svargabumi
8. Pemandian Candi Umbul
9. Curug Silawe
10. Mangli Skyview

Itu dia ulasan info tentang Wisata Borobudur yang terdiri dari Wisata Candi Borobudur hingga Wisata Sekitar Borobudur. Sehabis main ke Candi Borobudur jangan lupa mampir ke deretan rekomendasi wisata sekitar Borobudur tersebut ya. Enjoy your trip!

Beri Komentar