Wisata Gunung Paling Menarik di Indonesia, dari Rute Tersulit Hingga Spot Sunrise Terbaik

Travel | Rabu, 16 September 2020 09:35
Wisata Gunung Paling Menarik di Indonesia, dari Rute Tersulit Hingga Spot Sunrise Terbaik

Reporter : Inasa All Islamiya

Kira-kira gunung apa aja ya

Negara Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang dilintasi oleh garis 'Ring of Fire'. Tak heran kalau Indonesia miliki banyak gunung, baik yang masih aktif maupun sudah tidak aktif. Semua gunung di Indonesia dipastikan miliki beragam daya tarik khas yang mampu memikat hati para pendaki.

Nah kali ini admin ngumpulin sejumlah wisata gunung yang disebut 'paling-paling' dibanding semua gunung yang ada di Indonesia. Mulai dari gunung dengan rute paling sulit, hingga gunung dengan spot sunrise paling bagus. Kira-kira gunung apa aja ya?

Ini dia wisata gunung paling menarik di Indonesia menurut laman Zona Mountain Indonesia, dari rute tersulit hingga spot sunrise terbaik :

2 dari 5 halaman

1. Gunung Raung - Terekstream

 Gunung Raung Rute TerekstreamGunung Raung Rute Terekstream © facebook/backpackeren

Gunung dengan ketinggian mendapai 3.344 Mdpl ini disebut sebagai rute gunung paling ekstream. Gunung Raung juga merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur yang terletak di 3 Kabupaten yakni Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember.

3 dari 5 halaman

2. Gunung Argopuro - Terpanjang

 Gunung Argopuro Rute TerpanjangGunung Argopuro Rute Terpanjang © manusialembah.com

Gunung Argopuro ditetapkan sebagai gunung dengan rute pendakian terpanjang di Pulau Jawa. Untuk mencapai puncak dengan ketinggian 3.088 mdpl, pendaki harus menempuh jarak 63 km dengan waktu tempuh mencapai 4-6 hari.

4 dari 5 halaman

3. Gunung Semeru - Tertinggi

 Gunung Semeru Rute TertinggiGunung Semeru Rute Tertinggi © lumajangsatu.com

Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini miliki ketinggian 3.676 mdpl di atas permukaan laut. Untuk mendaki gunung Semeru kamu perlu melatih tubuhmu terlebih dahulu, agar bisa mendaki gunung Semeru dengan lancar dengan minim risiko.

5 dari 5 halaman

4. Gunung Prau - Spot Sunrise Terbaik

 Gunung Prau Spot Sunrise TerbaikGunung Prau Spot Sunrise Terbaik © Liputan6.com

Gunung Prau miliki ketinggian mencapai 2.565 mdpl, yang secara administrasi terletak di lima kabupaten di Jawa Tengah. Gunung Prau ini disebut miliki pemandangan spot sunrise terbaik loh dibanding gunung yang lain.

Itu dia wisata gunung paling menarik di Indonesia ya. Gunung tertinggi di Indonesia memanglah bukan gunung Semeru, tapi gunung Jaya Wijaya di Papua. Namun gunung Jaya Wijaya masih belum lazim didaki oleh para pendaki pemula.

Nah buat kamu yang berencana mendaki gunung, boleh tuh jadikan empat gunung tersebut sebagai referensi.

Join Diadona.id