Wisata Kawah Putih Bandung, Info Detail Fasilitas Hingga Rute Menuju Lokasi

Travel | Senin, 13 September 2021 12:53

Reporter : Nasa

Yuk simak ulasan infonya..

Wisata Kawah Putih Bandung sudah lama jadi salah satu primadona wisata alam di Jawa Barat dan sekitarnya. Bahkan, masyarakat Jakarta juga menjadikan kawasan wisata yang satu ini sebagai destinasi wisata favorit.

Kawah Putih Bandung terletak di kawasan kaki Gunung Patuha. Wisata alam yang satu ini terkenal dengan pemandangan alam khasnya yang menarik dan tentunya sulit ditemui di kawasan wisata alam lain.

Menurut info yang dihimpun dari berbagai sumber, Kawa Putih Bandung sendiri merupakan sebuah danau kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha, yang merupakan salah satu gunung berapi aktif di Jawa Barat.

Kabarnya, air Kawah Purih Bandung memiliki kandungan asam tinggi yang jadi penyebab utama permukaan kawah berwarna putih kehijauan, kadang kebiruan atau bahkan cenderung ke coklat.

Perubahan warnanya bergantung pada kandungan sulfur dan juga suhu airnya. Maka dari itu, jika berkunjung ke sana, jangan kaget ya kalau kamu bakal mencium aroma khas sulfur atau belerang yang cukup menyengat.

Meski aroma sulfurnya cukup menyengat, namun kamu bisa menikati suhu udara segar di kawasan Kawah Putih Bandung. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kawah yang satu ini letaknya cukup tinggi.

Wisata Kawah Putih Bandung, Info Detail Fasilitas Hingga Rute Menuju Lokasi
2 dari 5 halaman

Wisata Kawah Putih Ciwidey (Fasilitas dan Waktu Kunjungan Paling Pas)

Wisata Kawah Putih CiwideyWisata Kawah Putih Ciwidey © 2021 instagram/@rajatourbandung

Buat kamu yang udah punya rencana untuk segera berkunjung ke wisata Kawah Putih Ciwidey, bisa perhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu ya. Agar, kamu bisa menyiapkan hal-hal tertentu sebelum berangkat.

Jam operasional Kawah Putih Ciwidey ini mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB. Sedang waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi wisata alam menakjubkan yang satu ini adalah pagi hari. Alasannya, karena kamu bisa menikmati udara yang lebih segar di pagi hari.

Namun, buat kamu yang ingin menikmati pemandangan Kawah Putih Ciwidey di kala senja, bisa coba berkunjung ke sana pada waktu sore hari ya. Meski waktu siang hingga sore dipastikan akan didatangi oleh lebih banyak pengunjung, tapi pemandangan di sana tetap keren kok.

3 dari 5 halaman

Wisata Kawah Putih CiwideyWisata Kawah Putih Ciwidey © 2021 youtube/ciwidey ecoventure

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 6.000 (mobil). Namun, jika kamu ingin ke parkiran atas, kamu wajib membayar biaya masuk sebesar Rp 150.000/ mobil.

Di kawasan Kawah Putih Bandung juga terdapat kendaraan ontang-anting, yang merupakan kendaraan umum roda 4 di area wisata tersebut. Jika kamu enggan berjalan lebih jauh menuju lokasi kawah, kamu bisa menaiki ontang-anting dengan tarif Rp 20.000.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Kawah Putih (Tarif dan Rute Menuju Lokasi)

Tempat Wisata Kawah PutihTempat Wisata Kawah Putih © 2021 dekatour.com

Tiket Masuk Terusan + Dermaga Ponton + Skywalk Cantigi : Rp38.000
Wisatawan Domestik : Rp 27.000
Wisatawan Mancanegara : Rp 81.000
Angkutan Wisata Ontang-Anting PP : Rp 27.000
Jasa Lingkungan (Parkir R4 di Pusat Kawah) : Rp 162.000
Dermaga Ponton, Sunan Ibu, Sky Walk Cantigi A, Sky Walk Cantigi B : Rp 11.000
Charge Foto Prewedding : Rp 500.000
Charge Shooting : Rp 3.000.000

Tiket Parkir Motor : Rp 6.000
Tiket Parkir Mobil : Rp 11.000
Tiket Parkir Bus : Rp 27.000

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Kawah PutihTempat Wisata Kawah Putih © 2021 wisataoke.com

Kawah Putih Bandung ini berada di Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu. Tepatnya berada di jarak 44 km arah Selatan kota Bandung. Sebelah kiri jalan raya km 41 Ciwidey – Rancabali, sebelum bumi perkemahan Ranca Upas.

Setidaknya ada dua jalur pilihan, yaitu dari Cimahi melewati Baros dan tembus di Soreang. Alternatif lain dapat menuju Ciwidey dari arah jalan raya Kopo – Soreang. Menuju Ciwidey dari Cimahi, kondisi jalan tidak terlampau macet hanya saja rute perjalanan akan lebih memutar.

Jika melewati rute jalan raya Kopo – Soreang akan menghemat waktu. Untuk menuju Kawah Putih juga dapat menggunakan kendaraan umum. Tepat di gerbang masuk, wisatawan akan menjumpai papan petunjuk arah memasuki kawasan wisata.

Nah itu dia ulasan lengkap tentang Wisata Kawah Putih yang terdiri dari Wisata Kawah Putih Bandung, Wisata Kawah Putih Ciwidey dan juga Tempat Wisata Kawah Putih. Semoga ulasan kali ini membantu ya. Enjoy the trip!

Join Diadona.id