Wisata Telaga Sarangan, Info Detail Rute dan Tiket Menuju Lokasi

Reporter : Nasa
Selasa, 31 Agustus 2021 08:27
Wisata Telaga Sarangan, Info Detail Rute dan Tiket Menuju Lokasi
Simak info detail Wisata Telaga Sarangan ini sebelum bertandang ke sana..

Wisata Telaga Sarangan sudah lama jadi salah satu primadona wisata di Magetan sejak lama. Telaga yang lokasinya berada di Lereng Gunung Lawu ini menyuguhkan pemandangan alam indah yang cukup sulit kamu cari di tempat lain selain di Magetan.

Tak heran jika Telaga Sarangan cukup terkenal seantero negeri sebagai wisata alam yang tak hanya menyuguhkan pemandangan indah memukau, namun juga sejumlah fasilitas lainnya yang tak kalah menarik. Pasalnya, kamu bisa melakukan sejumlah aktivitas menarik loh di sana.

Terdapat sejumlah kisah mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar Telaga Sarangan. Salah satunya adalah cerita tentang seorang bernama Kyai Jajilung dan Nyai Jajilung yang mampu berubah wujud menjadi ular naga yang menyeramkan.

1 dari 5 halaman

Wisata Sarangan - Wisata Telaga Sarangan © Diadona

Mulanya, Kyai Jajilung beserta sang istri memakan telur yang mereka temukan di ladang. Namun keduanya tiba-tiba merasa kesakitan dan berubah menjadi naga. Keduanya bergulung-gulung di lembah hingga membuat sebuah cekungan berukuran besar.

Lalu cekungan tersebut teris air yang kemudian berubah menjadi telaga. Biasanya, masyarakat setempat akan menggelar ritual rutin yang berhubungan dengan mitos tersebut, yang biasa diadakan pada Jumat Pon bulan Ruwah dan Ledug Sura Muharram.

Namun ternyata, masih banyak event lain juga yang biasa digelar di Telaga Sarangan. Deretan event tersebut tentu menambah daya tarik para wisatawan yang ingin berkunjung ke Wisata Telaga Sarangan, selain untuk menikmati keindahan alamnya.

2 dari 5 halaman

Wisata Telaga Sarangan

Wisata Sarangan- Wisata Telaga Sarangan © Diadona

Telaga Sarangan sendiri luasnya mencapai 30 hektar dan kedalamannya bisa mencapai 28 meter. Air di telaga tersebut cukup jernih dengan suhu kisaran 15 sampai dengan 20 derajat Celcius. Cukup dingin ya. Banyak juga loh fasilitas menarik yang bisa kamu temukan di sana.

Mulai dari perahu sampai dengan sewa boat untuk menikmati keindahan sekitar Telag Sarangan. Kamu juga bisa coba memancing di sana. Buat kamu yang ingin piknik bareng keluarga dan orang tersayang juga bisa banget loh. Di deretan tepi Telaga Sarangan juga terdapat deretan pedangan kuliner nikmat yang patut kamu coba.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati sejumlah fasilitas lain di tepi Telaga Sarangan. Mulai dari berkuda hingga berburu oleh-oleh khas Telaga Sarangan yang bisa kamu dapatkan. Pokoknya, buat pengen liburan seru-seruan pas banget kalau berkunjung ke Telaga Sarangan.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Sarangan (Rute Menuju Lokasi, Fasilitas dan Tiket)

Wisata Sarangan - Tempat Wisata Sarangan © Diadona

Untuk kamu yang ingin berlibur ke Telaga Sarangan tak perlu khawatir. Karena rute menuju lokasi terbilang tak begitu sulit. Kamu hanya perlu menempuh jarak 16 km dari Magetan, Jawa Timur.

Sebagai tempat wisata yang sudah terkenal sejak dulu, plang dan papan penunjuk jalan sudah tersedia di jalan-jalan besar. Untuk lebih detailnya, kamu juga bisa cari langsung rute terdekatnya di Google Map.

Atau kamu juga bisa memilih menggunakan jasa agen perjalanan wisata dan menggunakan kendaraan yang sudah disiapkan oleh agen tersebut.

4 dari 5 halaman

Wisata Sarangan - Wisata Telaga Sarangan © Diadona

Tiket Masuk : Rp 10.000 
Parkir Sepeda Motor : Rp 2.500
Parkir Mobil : Rp 5.000
Parkir Bus/Kendaraan Travel Lain : Rp 10.000

5 dari 5 halaman

Wisata Sarangan - Wisata Telaga Sarangan © Diadona

Sejumlah fasilitas yang bisa kamu dapatkan saat mengunjungi Telaga Sarangan Magetan :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi / MCK
  • Pondok Wisata
  • Hotel
  • Rumah makan
  • Penyewaan speed boat
  • dan masih banyak lainya

Itu dia ulasan Wisata Sarangan yang terdiri dari Wisata Telaga Sarangan, hingga Tempat Wisata Sarangan yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Kalau lagi ke Jawa Timur, jangan lupa mampir ke Telaga Sarangan ya.

Beri Komentar