Yuk, Intip Keindahan Pico Cao Grande yang Menjadi Gunung Terlangsing di Dunia!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 11 Agustus 2020 18:20
Yuk, Intip Keindahan Pico Cao Grande yang Menjadi Gunung Terlangsing di Dunia!
Bentuknya yang runcing membuatnya dijuluki sebagai gunung terlangsing di dunia.

Di dunia ini memang ada jutaan Gunung yang membentang di seluruh penjuru daratan. Kita mengetahui kalau Gunung tertinggi di dunia adalah Mount Everest. Tapi, tahu nggak sih kalau di dunia ini juga ada gunung yang memiliki predikat sebagai Gunung terlangsing di dunia?

Ya, Gunung ini dijuluki demikian karena bentuknya yang berbeda dengan gunung kebanyakan. Bentuknya menjulang tinggi ke atas dan meruncing. Seperti apa sih tempat ini? Yuk kita simak!

1 dari 1 halaman

Pico Cao Grande

Pico Cao Grande © Diadona

Nama gunung ini adalah Gunung Pico Cao Grande. Gunung ini berada di Pulau Sao Tome. Gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Obo.

Gunung ini memiliki ketinggian hanya 300 meter dari tanah. Namun, ketinggian sebenarnya adalah 663 mdpl. Para ahli Geologi, Pico Cao Grande tidak disebut gunung, namun hanya tumpukan tanah saja. Hal ini karena untuk disebut gunung, tempat itu harus memiliki ketinggian lebih dari 610 m dari tanah di sekitarnya.

Pico Cao Grande ini memiliki kecuraman di atas 80 derajat, jadi gunung ini lebih mirip seperti menara yang tidak memiliki kemiringan dalam ketinggiannya. Karena bentuknya ini Gunung Pico Cao Grande juga disebut needle-shaped mountain atau gunung berbentuk jarum. Bahkan Gunung ini juga dijuluki sebagai Gunung Terlangsing di Dunia.

Selain bentuknya yang unik, gunung ini juga menawarkan keindahan yang tidak terelakkan. Saat mengunjungi tempat ini, di jam-jam tertentu kamu akan melihat puncak gunung diselimuti oleh awan atau hujan. Bagaimana? Tertarik untuk mendaki ke tempat ini?

Beri Komentar