Yuk Simak Tips Staycation yang Aman Dikala Pandemi

Travel | Kamis, 26 November 2020 16:20
Yuk Simak Tips Staycation yang Aman Dikala Pandemi

Reporter : Bagus Prakoso

Staycation jadi pilihan ketika ingin libur bersama keluarga dikala pandemi

Berlibur adalah salah satu cara untuk melepas penat setelah bekerja selama 5-6 hari lamanya. Namun, dikala pandemi Covid-19 ini masih ada, beberapa tempat tentu saja masih harus tutup demi mencegah penularan virus Corona.

Untuk itu, cara agar kamu bisa tetap berwisata tanpa harus berada dalam kerumunan adalah dengan staycation. Staycation sendiri adalah liburan singkat dalam kota ataupun dekat rumah. Umumnya staycation dilakukan dengan menginap di hotel ataupun villa pada akhir pekan. Dengan staycation, kamu masih bisa liburan bareng keluarga meskipun di dalam ruangan saja.

Meskipun begitu, untuk memulai staycation di masa pandemi ini, kamu juga perlu memperhatikan beberapa aspek kesehatan. Hal ini tentu saja untuk tetap mencegah kamu dari tertularnya virus covid-19. Apa saja itu? Yuk kita simak!

2 dari 9 halaman

1. Pastikan Kondisi Fisik

Sebelum melakukan staycation, pastikan fisik dalam kondisi sehat. Jika merasa tak enak badan, lebih baik tunda dulu liburannya.

3 dari 9 halaman

2. Siapkan Perlengkapan Sanitasi Sendiri

Siapkan beberapa perlengkapan sanitasi sendiri seperti hand sanitizer, masker, face shield, tisu kering, tisu basah, sampai sabun antibakteri.

4 dari 9 halaman

3. Pilih Penginapan yang Menerapkan Protokol Kesehatan

 Ilustrasi HotelIlustrasi Hotel © unsplash.com/keemibarra

Pilihlah juga hotel-hotel yang sudah terpercaya dan menerapkan protokol kesehatan. Jika protokol kesehatan dalam hotel memang kurang ketat, lebih baik kamu tidak tinggal sementara di sana karena dikhawatirkan masih ada sisa-sisa virus dari wisatawan sebelumnya.

5 dari 9 halaman

4. Cek Kebersihan Kamar Hotel

 Ilustrasi HotelIlustrasi Hotel © pixabay.com/Engin_Akyurt

Meskipun sudah sebuah hotel sudah menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat, alangkah baiknya untuk kamu tetap cek kebersihan kamar hotel. Jika menemukan bagian yang masih kotor, jangan sungkan untuk meminta petugas hotel membersihkannya terlebih dahulu.

6 dari 9 halaman

5. Hindari Kolam Renang dan Pusat Kebugaran

 Ilustrasi HotelIlustrasi Hotel © pixabay.com/Engin_Akyurt

Hindari kolam renang dan gym dalam hotel. Kita tak tahu siapa saja yang sudah memakainya, apakah orang tersebut memakai dalam keadaan sehat atau sakit.

7 dari 9 halaman

6. Bawa Alat Makan Sendiri

 Ilustrasi HotelIlustrasi Hotel © pixabay.com/Free-Photos

Untuk lebih aman, bawalah peralatan makan sendiri seperti sendok atau garpu. Namun, jika hotel tersebut sudah terpercaya, kamu juga bisa menggunakan peralatan makan yang disediakan. Biasanya di era new normal ini beberapa hotel dan tempat makan sudah menyediakan sterilisasi alat makan.

8 dari 9 halaman

7. Minum Vitamin

Untuk tetap menjaga kesehatan, minumlah vitamin. Konsumsi secara rutin setiap hari sebelum berangkat. Dan minum juga secara rutin selama staycation.

Join Diadona.id